Panas hasil pembakaran di dalam mesin, sebagian diubah menjadi tenaga
penggerak, sebagian dibuang keluar sebagian gas buang,dan sebagian lagi
diserap oleh bagian-bagian mesin.
Panas yang diserap ini harus dibuang juga keluar agar panas mesin
tidak berlebilan (over heating), sebab panas yang berlebihan dapat
menyebabkan gangguan pada kerja mesin dan menyebabkan kerusakan yang
fatal.
Untuk mengatasi hal tersebut, maka mesin dilengkapi dengan
sistem pendinginan.
Ada dua cara sistem pendinginan pada mesin, yaitu sistem
pendinginan udara dan sistem pendinginan air: Tetapi yang lebih umum
digunakan pada mobil adalah sistem pendinginan air
sistem
pendinginan air di lengkapi dengan radiator, pompa air, termostat, kipas
angin, mantel dan komponen palengkap lainnya.
bersirip, yang dapat dilalui air pendingin dari tangki atas ke tangki
bawah.
Komponen lain yang bersatu dengan radiator adaiah tutup
radiator,
tangki cadangan, selang atas, selang bawah, dan katup
pembuang.
b. Tutup radiator
Tutup radiator selaiu berfungsi menutup Iubang
pemasukan air
radiator, juga mempertahankan keadaan air agar tidak
mendidih meskipun suhunya mencapai l00"C atau lebih. Suhu yang tinggi
menye-
babkan volume dan tekanan air bertambah. Bila tekanan air dan
uapnya naik, maka katup pengaman pada tutup radiator akan menjadikan
membebaskannya melalui pipa pembuangan dan tangki
tangki cadangan
bila volume air dari radiator memuai karena
naiknya suhu, maka air pendingin yang berlebihan dikirim ke tangki
cadangan. Sebaliknya bils suhu turun, air yang ada dalam tangki akan
kembali ke radiator.
ini diatur oleh katup pengaman pada tutup
radiator.
Pompa air
pompa air berfungsi mensirkulasikan air pendingin. Umumnya yang
banyak digunakan adalah jenis sentrifugal. Pompa air ini ditempatkan di
bagian depan blok silinder dan digerakkan oleh puli poros engkol melalui
tali kipas (V belt).
e. Termostat
termostat berfungsi mempercepat tercapainya
temperatur kerja mesin kemudian mempertahankan temperatur kerja tersebut
pada saat mesin bekerja.
Jika air masih dingin katup termostat
tertutup, sirkulasi air tidak melalui radiator tetapi langsung melalui
pipa bypass. Jika air sudah terlalu panas, katup temostat terbuka dan
sirkulasi air melalui radiator,
kipas pendingin .
bila kendaraan tidak bergerak, udara luar tidak
akan cukup mendinginkan radiator, oleh karena itu diperlukan kipas
pendingin untuk membantu mendinginkan radiator.
Kipas pendingin
umunmya digerakkan oleh poros engkol meialui tali kipas
Tetapi ada juga kipas pendingin yang digerakkan oleh
motor listrik
( Kipas
pendingin elektrik ini hanya bekerja bila diperlukan, sehingga dapat
menghemat
tenaga mesin dan mengurangi kebisingan bunyi kipas.
About
About Me
- wisnu-32
Blogroll
Follow Us
Blogger news
Instructions
Recomended
Pages
Diberdayakan oleh Blogger.
Popular Posts
-
Mengapa mesin disebut 4 tak, karena memang ada 4 langkah. Berikut adalah detail dari setiap proses. 1. Intake Disebut la...
-
Definisi sistem diesel Sistem ini memungkinkan tercapainya tekanan awal yang tinggi sebelum terjadi proses pembakaran, hal ini akan men...
-
jika ingin mendownload gambar-gambar transmisi klik di sini
-
jika ingin download gambar kopling klik di sini
-
Sistem Transmisi Otomatis Otomotif Potongan transmisi otomatis Transmisi otomatis adalah transmisi yang melakukan perpindahan ...
-
Panas hasil pembakaran di dalam mesin, sebagian diubah menjadi tenaga penggerak, sebagian dibuang keluar sebagian gas buang,dan sebagian la...
-
Sistem rem pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting keamanan dalam berkendara, tidak berfungsinya rem dapat menimbulkan bahaya...
Mengenai Saya
Followers
Selasa, 06 Maret 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar